Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

"Odeng" Menyerang warga Dusun 2 Desa Neglasari

Warga Desa Neglasari diserang oleh "Odeng" saat sedang beraktivitas di kebun milik seorang warga. Sepuluh orang warga menjadi korban dan dilarikan ke Puskesmas terdekat. Kejadian bermula, saat sepuluh orang tersebut sedang berada di kebun untuk menebang pohon yang sudah menjulang tinggi. 

Odeng atau Apis dorsata atau dikenal sebagai Lebah madu raksasa merupakan lebah madu Asia yang berhabitat di hutan, membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan, karena itu sampai sekarang para ilmuwan belum berhasil membudidayakan Apis dorsata dalam bentuk tertutup. Sisiran sarang dapat mencapai 2 x 1 meter dengan estimasi hasil bisa mencapai 20 kg/sarang. Bentuknya setengah lingkaran besar, dari jauh tampak berwarna hitam kecokelatan, menempel di cabang-cabang pohon yang tinggi, sesekali tampak bergoyang-goyang ditiup angin. Ya…itu adalah sarang lebah madu. Lebah madu memang suka bersarang di pohon-pohon. Lebah madu ini berbeda dengan lebah madu yang sering ditemui dan dipelihara di peternakan lebah umumnya. Ini adalah lebah madu hutan, yang berukuran besar dan liar. Sampai saat ini belum ada informasi yang menyatakan bahwa lebah ini dapat diternakkan. Beberapa orang menyebut lebah ini dengan sebutan lebah madu raksasa, ada juga yang menyebutnya dengan lebah madu hutan. Lebah ini memang berukuran paling besar di antara jenis lebah madu yang lain seperti Apis melliferaApis ceranaApis andreniformis dll. Ukurannya sekitar 2x lipat ukuran lebah madu yang biasa diternakkan.

Atas permohonan pemerintah dan masyarakat Desa Neglasari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemada Kebakaran Kabupaten Purwakarta, menurunkan satu regu berikut satu unit mobil pemadam kebakaran untuk mengusir koloni lebah madu raksasa (Apis dorsata), Rabu, 14 September 2022. Pengusiran sekaligus pemusnahan sarang koloni lebah madu yang dalam Bahasa Sunda dikenal dengan sebutan odeng itu karena sehari sebelumnya menyerang Kepala Desa Cileunca beserta sembilan Warga Desa Neglasari lainnya.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir kasus serangan koloni odeng di sekitar desa juga pernah menimpa warga  Dusun 2 Desa Neglasari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Namun, sarang lebah odeng baru ditemukan Rabu, 14 September 2022 melalui pencarian tim Damkar Kabupaten Purwakarta bersama aparat dan masyarakat Desa Neglasari yang dilakukan sejak Selasa, 13 September 2022 Koloni lebah odeng itu lantas berhasil diusir tim Damkar dibantu masyarakat dan pencari madu, dengan cara diasap dan dibakar. Kemudian sarang madu dan anaknya diambil dan disikat bersih dari  pohon tempat bersarangnya. “Dengan cara ini, biasanya koloni odengnya akan berpindah jauh hingga berkilo-kilo meter dan tidak akan kembali bersarang di bekas sarangnya ini,” ujar Eli Saepul Malik, Kepala Dusun 2 Desa Neglasari. (15/09/2022)

Komentar

Syamsul faried
Kamis, 15 September 2022 12:44

Mantappp

Syamsul faried
Kamis, 15 September 2022 12:44

Mantappp

Syamsul faried
Kamis, 15 September 2022 12:44

Mantappp

Bayu Permana sidiq
Kamis, 15 September 2022 12:53

Aduhhh kasiannn Yach????

Enure
Kamis, 29 Februari 2024 00:22

<a href=http://prilig.sbs>where to buy priligy</a> Demarchi F, Cataldo F, Bertoli C, Schneider C

Julkind
Jumat, 22 Maret 2024 08:18

They are not rawhide, they are the cartridge in the ear flap <a href=http://cialiss.beauty>buy cialis without prescription</a>

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *