Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Pemasangan Umbul-umbul di Desa Neglasari

Neglasari - Setiap satu 1 Agustus ada imbauan untuk memasang umbul-umbuldan bendera merah putih di depan rumah warga. Umbul-umbul bendera merah putih itu diminta untuk dipasang di depan rumah selama satu bulan penuh atau sepanjang Agustus, tidak terkecuali tahun ini. Pemasangan umbul-umbul tersebut tidak terlepas dari keistimewaan bulan Agustus untuk negara Indonesia. Pada bulan inilah, akhirnya Ir Soekarno memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam. Tahun ini Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI pada Kamis, 17 Agustus 2023 mendatang. Di sisi lain, pemasangan umbul-umbul merah putih dan pengibaran bendera merah putih menjadi simbol partisipasi masyarakat dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI. Pemerintah Desa Neglasari ikut serta memasang umbul-umbul untuk menyemarakkan HUT-RI Ke-78 ini. Kepala Desa Neglasari Asep Saepudin menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Neglasari untuk ikut serta memasang umbul-umbul tersebut. Pemasangan umbul - umbul dilakukan disetiap tiang - tiang yang berada di samping kanan - kiri jalan. Tidak hanya memasang umbul - umbul Perangkat Desa Neglasari juga melakukan kerja bakti di area Kantor Desa. (10/08)    

Milangkala Desa Neglasari Ke-41 Berlangsung Meriah

Peringatan Milangkala ke-41 Desa Neglasari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Minggu 25 Juni 2023 dimeriahkan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, senam sehat, doa bersama dan berbagai perlombaan. Acara berlangsung dua hari dua malam, sebagai pembuka acara dimulai dengan tabligh akbar serta pawai obor yang diikuti oleh warga masyarakat Desa Neglasari. Pada hari kedua acara berlangsung dari pagi hingga malam hari yang mendatangkan Nina Mincreunk sebagai bintang tamu. Menurut Kepala Desa Neglasari Asep Saepudin, Milangkala Desa Neglasari ke-41 dibuat dengan rangkaian acara yang meriah. “Saya mewakili segenap panitia milangkala Desa Neglasari ke-41 berterima kasih kepada seluruh jajaran panitia maupun pihak yang terlibat atas kerjasamanya juga mengapresiasi segenap Pemerintah Desa Neglasari yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran maupun materil, hanya do’a yang kami bisa berikan semoga amal baik bapak/ibu dibalas oleh Allah SWT,”.  Menurutnya, kegiatan ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan pada Tahun 2022 dengan tujuan untuk merekatkan hubungan antara perangkat desa dengan warga Kecamatan Darangdan, khususnya Desa Neglasari. Dalam waktu yang bersamaan sebagai sesepuh Desa Neglasari Edi Hendarlan (Alm) meninggal dunia yang rencananya beliau akan dihadirkan untuk turut mengisi acara. Edi Hendarlan (Alm) sebagai salah satu perintis yang saat itu berjuang bersama Kepala Desa Neglasari pertama H. Juhdi membangun Desa Neglasari. Desa Neglasari secara definitif berdiri pada Tahun 1982, Desa Neglasari merupakan pecahan dari Desa Cilingga Kecamatan Darangdan pada masa kepemimpinan Kepala Desa H. Juhdi. (Red)  

Peresmian Masjid Endan Andansih Dihadiri Para Petinggi

Mesjid Endan Andansih adalh Mesjid yang terletak di Kampung Nenggeng RT 001/RW 001 Desa Neglasari Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta. Mesjid yang diresmikan pada Sabtu, 17 Juni 2023. Masjid ini didirikan oleh Muhammad Yusuf Ateh, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Nama masjid diambil dari nama ibunya. Peresmian Masjid endan Andansih dihadiri sejumlah pejabat termasuk Bupati PurwakartaAmbu  Anne Ratna Mustika beserta jajaran.  Ketua Pembina Yayasan Endan Andansih, Muhamnad Yusuf Ateh mengatakan bahwa dalam sambutannya mengatakan masjid ini didirikan untuk kepentingan umat dalam menjalankan ibadahnya. Masjid ini dibangun atas dorongan dan doa masyarakat. Selain dihadiri oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, peresmian Masjid Endan Andansih ini juga dihadiri dan dilakukan penandatanganan prasasti oleh Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia, Direktur Utama Adaro Energy Garibaldi Thohir, serta Yendra Fahmi Direktur Utama Indobagus Investama serta para undangan VIP lainnya. (-Red dan berbagai sumber)  

"Odeng" Menyerang warga Dusun 2 Desa Neglasari

Warga Desa Neglasari diserang oleh "Odeng" saat sedang beraktivitas di kebun milik seorang warga. Sepuluh orang warga menjadi korban dan dilarikan ke Puskesmas terdekat. Kejadian bermula, saat sepuluh orang tersebut sedang berada di kebun untuk menebang pohon yang sudah menjulang tinggi.  Odeng atau Apis dorsata atau dikenal sebagai Lebah madu raksasa merupakan lebah madu Asia yang berhabitat di hutan, membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan, karena itu sampai sekarang para ilmuwan belum berhasil membudidayakan Apis dorsata dalam bentuk tertutup. Sisiran sarang dapat mencapai 2 x 1 meter dengan estimasi hasil bisa mencapai 20 kg/sarang. Bentuknya setengah lingkaran besar, dari jauh tampak berwarna hitam kecokelatan, menempel di cabang-cabang pohon yang tinggi, sesekali tampak bergoyang-goyang ditiup angin. Ya…itu adalah sarang lebah madu. Lebah madu memang suka bersarang di pohon-pohon. Lebah madu ini berbeda dengan lebah madu yang sering ditemui dan dipelihara di peternakan lebah umumnya. Ini adalah lebah madu hutan, yang berukuran besar dan liar. Sampai saat ini belum ada informasi yang menyatakan bahwa lebah ini dapat diternakkan. Beberapa orang menyebut lebah ini dengan sebutan lebah madu raksasa, ada juga yang menyebutnya dengan lebah madu hutan. Lebah ini memang berukuran paling besar di antara jenis lebah madu yang lain seperti Apis mellifera, Apis cerana, Apis andreniformis dll. Ukurannya sekitar 2x lipat ukuran lebah madu yang biasa diternakkan. Atas permohonan pemerintah dan masyarakat Desa Neglasari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemada Kebakaran Kabupaten Purwakarta, menurunkan satu regu berikut satu unit mobil pemadam kebakaran untuk mengusir koloni lebah madu raksasa (Apis dorsata), Rabu, 14 September 2022. Pengusiran sekaligus pemusnahan sarang koloni lebah madu yang dalam Bahasa Sunda dikenal dengan sebutan odeng itu karena sehari sebelumnya menyerang Kepala Desa Cileunca beserta sembilan Warga Desa Neglasari lainnya. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir kasus serangan koloni odeng di sekitar desa juga pernah menimpa warga  Dusun 2 Desa Neglasari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Namun, sarang lebah odeng baru ditemukan Rabu, 14 September 2022 melalui pencarian tim Damkar Kabupaten Purwakarta bersama aparat dan masyarakat Desa Neglasari yang dilakukan sejak Selasa, 13 September 2022 Koloni lebah odeng itu lantas berhasil diusir tim Damkar dibantu masyarakat dan pencari madu, dengan cara diasap dan dibakar. Kemudian sarang madu dan anaknya diambil dan disikat bersih dari  pohon tempat bersarangnya. “Dengan cara ini, biasanya koloni odengnya akan berpindah jauh hingga berkilo-kilo meter dan tidak akan kembali bersarang di bekas sarangnya ini,” ujar Eli Saepul Malik, Kepala Dusun 2 Desa Neglasari. (15/09/2022)

Gapura dan Keindahan Desa Jadi Fokus Penilaian Lomba HUT RI di Desa Neglasari

Neglasari - Pemerintah Desa Neglasari menyelenggarakan lomba gapura dan kebersihan Desa untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022. Ketua Lomba Gapura dan Kebersihan Desa Neglasari menjelaskan dalam penilaiannya, pihaknya akan menilai setiap Wilayah RT yang menjadi perwakilan di setiap Dusun. Juara dalam lomba itu akan diumumkan tepat pada saat upacara bendera. Sekaligus penyerahkan piagam penghargaan. Penilaian lomba ini, dilakukan 14 -16 Agustus.